Turki Bakal Beli Lebih Banyak Senjata dari Rusia, AS Beri Peringatan Keras

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 02 Oktober 2021 - 08:16:00 WIB
Turki Bakal Beli Lebih Banyak Senjata dari Rusia, AS Beri Peringatan Keras
Rencana pembelian senjata militer Rusia oleh Turki menuai kritik dari Amerika Serikat. (Foto: iNews.id)

WASHINGTON DC, iNews.id – Rencana Turki untuk membeli lebih banyak senjata dari Rusia membuat Amerika Serikat (AS) meradang. Washington DC pada Jumat (1/10/2021) memperingatkan Ankara tentang risiko lebih lanjut terhadap hubungan bilateral Turki-AS jika pembelian itu benar-benar terjadi.

Pernyataan AS itu menyusul pertemuan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, awal pekan ini. Dalam pertemuan itu, kedua kepala negara  membahas kerja sama militer yang lebih besar, termasuk rencana pembelian pesawat tempur dan juga kemungkinan kapal selam dari Rusia.

Turki dan AS sama-sama anggota NATO (Pakta Pertahanan Antlantik Utara). Namun, kedua negara kerap terlibat perdebatan soal isu persenjataan beberapa waktu terakhir.

Turki menentang peringatan AS pada 2017 terkait rencana Ankara membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia. Aliansi Barat khawatir, langkah Turki itu bakal memungkinkan Rusia untuk mengasah keterampilannya dalam menargetkan pesawat-pesawat AS dan Eropa Barat.

“Kami telah mendesak Turki di setiap tingkat dan kesempatan untuk tidak mempertahankan sistem S-400 dan menahan diri dari membeli peralatan militer tambahan Rusia,” kata Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman, kepada wartawan di sela-sela kunjungan di Swiss, Jumat (1/10/2021).

“Kami terus menjelaskan kepada Turki dan apa konsekuensinya jika mereka bergerak ke arah itu,” ujarnya.

Sherman menuturkan, sistem pertahanan rudal S-400 tidak kompatibel alias tidak dapat dioperasikan bersama dengan sistem NATO.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: