Turki Tak Akan Batalkan Pembelian Rudal S-400 Rusia, tapi Ingin Negosiasi dengan AS

Anton Suhartono ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 14:20:00 WIB
Turki Tak Akan Batalkan Pembelian Rudal S-400 Rusia, tapi Ingin Negosiasi dengan AS
Rudal S-400 (Foto: AFP)

ANKARA, iNews.id - Turki menegaskan tak akan membatalkan pembelian rudal sistem pertahanan S-400 dari Rusia, namun di sisi lain akan bernegosiasi dengan Amerika Serikat, sekutnya di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

AS menjatuhkan sanksi kepada Direktorat Industri Pertahanan Turki (SSB), direkturnya Ismail Demir, serta tiga staf, pada Desember 2020 terkait pembelian rudal tersebut.

Rudal S-400 bisa menjadi ancaman bagi jet tempur F-35 AS serta sistem pertahanan NATO lainnya. Namun Turki menolak anggapan itu dengan mengatakan S-400 tidak akan diintegrasikan ke sistem NATO.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan, negaranya akan menghadapi masalah jika membatalkan pembelian rudal S-400. Meski demikian, dia berharap perselisihan dengan AS bisa diselesaikan melalui dialog. Apalagi Turki sedang dalam pembicaraan dengan Rusia untuk mendapatkan pengiriman kedua S400.

"Ini merupakan situasi sangat bermasalah jika kami berbalik dari titik awal. Kami mengundang (Amerika Serikat) untuk menjauhkan diri dari penggunaan bahasa yang mengancam seperti sanksi," kata Akar, dikutip dari Reuters, Kamis (14/1/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2