Twitter Perketat Keamanan Akun Politisi dan Jurnalis Jelang Pilpres AS

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 September 2020 - 05:44 WIB
Twitter Perketat Keamanan Akun Politisi dan Jurnalis Jelang Pilpres AS

Twitter tingkatkan keamanan akun milik politisi dan jurnalis jelang Pilpres AS 2020 (Foto: AFP)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Twitter memperketat keamanan akun milik politisi dan jurnalis sebagai langkah pencegahan menjelang Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS).

Perusahaan platform media sosial itu akan menerapkan sistem lebih canggih untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan serta meningkatkan pertahanan untuk mencegah pengambilalihan akun oleh hacker.

"Penerapan keamanan ini merupakan langkah pencegahan yang kritis," demikian keterangan tim keamanan Twitter dalam sebuah posting-an blog, seperti dikutip dari AFP, Jumat (18/9/2020).

Mereka berfokus menjaga akun-akun milik tokoh kenamaan untuk menjamin aman dan terlindungi selama Pilpres AS 2020.

Akun yang ditargetkan di antaranya milik politisi federal dan negara bagian, partai politik, kandidat, tim kampanye pilpres, serta jurnalis yang meliput.

Pemilik akun akan diminta mengganti kata sandi yang lebih kuat, sementara Twitter akan mengaktifkan pengaturan yang mengharuskan konfirmasi melalui email atau nomor telepon saat kata sandi diubah.

Twitter juga mendorong administrator akun untuk menggunakan otentikasi dua faktor yang memerlukan validasi cadangan, misalnya kode konfirmasi yang dikirim melalui SMS.

Tim menyatakan mereka mempelajari insiden-insiden serangan atau peretasan sebelumnya.

Peretas pada Juli lalu mengambil alih puluhan akun Twitter tokoh berpengaruh yang tujuannya meminta data pribadi orang-orang bersangkutan.

Motif peretasan ini merupakan penipuan bitcoin berasal dari serangan 'spear phishing'.

Editor : Anton Suhartono