Uji Coba Senjata Nuklir Lagi, Putin Pantau Peluncuran 3 Rudal Balistik Antarbenua

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:36 WIB
Uji Coba Senjata Nuklir Lagi, Putin Pantau Peluncuran 3 Rudal Balistik Antarbenua

Presiden Rusia Vladimir Putin (kedua dari kanan) dan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Ivanov (kiri) menyaksikan peluncuran rudal selama latihan militer di Laut Barents di atas kapal penjelajah rudal nuklir "Pyotr Veliky". (FOTO: ALEXEY PANOV/AFP/Getty

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menyaksikan angkatan bersenjata negaranya menguji coba rudal yang dapat membawa hulu ledak termo-nuklir.

Kementerian pertahanan Rusia menyatakan, pelatihan strategi Grom-19 atau Thunder-19 dimulai pada Rabu dan melibatkan 12.000 tentara yang dikerahkan di atas kapal, pesawat, dan kapal selam pembawa rudal nuklir yang melakukan peluncuran rudal presisi jarak jauh.

Pelatihan, yang tidak melibatkan pasukan asing, dilakukan setelah Rusia dan Amerika Serikat (AS) meninggalkan perjanjian Senjata Nuklir Menengah 1987, yang membatasi penggunaan senjata nuklir dan konvensional jarak menengah.

Latihan itu digunakan untuk menguji sistem rudal balistik antarbenua RS-24, RSM-50, dan Sineva. Mereka menggunakan lebih dari 200 peluncur.

Putin mengunjungi pusat kendali pertahanan nasional di Moskow untuk menonton transmisi peluncuran langsung itu. Dia ditemani oleh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

"Angkatan bersenjata mensimulasikan tugas dalam konflik bersenjata dan perang nuklir, mengerahkan senjata dan senjata nuklir yang sangat akurat berdasarkan pada prinsip-prinsip fisik baru," kata Shoigu, seperti dilaporkan AFP, Kamis (17/10/2019).

Kementerian pertahanan menyatakan, rudal jelajah dan balistik ditembakkan dari Laut Barents dan Laut Okhotsk oleh kapal selam armada utara dan Pasifik. Mereka mendarat di lokasi uji coba di Kamchatka dan lokasi pengujian Chizha di barat laut Rusia.

Kementerian sebelumnya menyebut skenario itu murni bersifat defensif.


Editor : Nathania Riris Michico