Ulama Terkenal Taliban Syekh Haqqani Tewas dalam Serangan Bom di Afghanistan

Anton Suhartono ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:53:00 WIB
Ulama Terkenal Taliban Syekh Haqqani Tewas dalam Serangan Bom di Afghanistan
Ulama terkenal Taliban Syekh Rahimullah Haqqani tewas dalam ledakan bom di Kabul (Ilustrasi, Foto: Anadolu)

KABUL, iNews.id - Ulama terkenal Taliban Syekh Rahimullah Haqqani tewas dalam serangan bom di kantornya di Kabul, Afghanistan, Kamis (11/8/2022). Pelaku meledakkan bom yang disembunyikan di dalam kaki palsu.

"Sangat sedih memberitahukan, ulama terhormat (Syekh Rahimullah Haqqani) menjadi martir dalam serangan musuh yang pengecut," kata Juru Bicara Taliban, Bilal Karimi, dikutip dari Reuters.

Sejauh ini belum ada pihak yang bertanggung jawab dalam serangan itu.

Empat sumber di Taliban mengatakan kepada Reuters, pelaku adalah seorang penyandang disabilitas yang melancarkan aksinya dengan menyembunyikan bahan peledak di kaki palsu plastik.

"Kami sedang menyelidiki siapa orang ini dan siapa yang membawanya ke tempat penting, memasuki kantor pribadi Syekh Rahimullah Haqqani. Ini adalah kehilangan sangat besar bagi Imarah Islam Afghanistan," kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, merujuk pada nama resmi negara itu.

Haqqani adalah ulama terkemuka Taliban yang selamat dari serangan sebelumnya, termasuk ledakan besar di kota Peshawar, Pakistan, pada 2020. Pelaku serangan yang menewaskan tujuh orang itu adalah ISIS.

Taliban berupaya memulihkan keamanan di Afghanistan sejak mengambil alih pemerintahan pada Agustus 2021 setelah penarikan pasukan Amerika Serikat dan NATO. Namun, serangan masih terjadi beberapa bulan terakhir, umumnya dilakukan ISIS.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda