Umrah Dimulai Lagi Hari Ini, Masjidil Haram Siap Terima Jemaah

Anton Suhartono ยท Minggu, 04 Oktober 2020 - 01:11:00 WIB
Umrah Dimulai Lagi Hari Ini, Masjidil Haram Siap Terima Jemaah
Arab Saudi memulai kembali pelaksanaan ibadah umrah pada 4 Oktober (Ilustrasi, Foto: AFP)

MAKKAH, iNews.id - Otoritas haji dan umrah Arab Saudi memulai kembali pelaksanaan umrah mulai Minggu (4/10/2020). Rombongan pertama akan diterima di Masjidil Haram pukul 06.00 waktu setempat.

Untuk menuju Masjidil Haram, para jemaah tak berangkat sendiri-sendiri, melainkan dikumpulkan terlebih dulu di beberapa lokasi.

Beberapa lokasi yang disiapkan, adalah Ajyad, Al Shisha, Al Gaza, dan Al Zahir. Dari lokasi tersebut, jemaah dibawa ke Masjidil Haram menggunakan bus dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti dikutip dari Saudi Press Agency (SPA).

Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah merampungkan persiapan untuk menerima jemaah.

Berbekal pengalaman pelaksanaan haji, kepresidenan menerapkan tindakan pencegahan tertinggi, bekerja sama dengan otoritas berwenang seperti kementerian kesehatan.

Kepresidenan juga merekrut sedikitnya 1.000 staf untuk mengawal jemaah dalam melaksanakan setiap prosesi umrah di Masjidil Haram.

Masjidil Haram dibersihkan 10 kali sehari sebelum dan sesudah rombongan umrah tiba. Selain itu toilet dibersihkan 6 kali sehari, demikian pula dengan karpet, tempat air Zamzam, serta semua kendaraan.

Selain itu kamera pendeteksi suhu tubuh dipasang di berbagai tempat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk tahap pertama ada 6.000 jemaah yang melaksanakan umrah setiap hari. Mereka dibagi dalam beberapa gelombang sampai merampungkan seluruh prosesi. Berbeda dengan pelaksanaan haji yang membutuhkan waktu berhari-hari, ibadah umrah bisa diselesaikan dalam hitungan jam.


Editor : Anton Suhartono