Vaksin Covid AstraZeneca 70 Persen Manjur dalam Uji Klinis

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 23 November 2020 - 15:16:00 WIB
Vaksin Covid AstraZeneca 70 Persen Manjur dalam Uji Klinis
Perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id – Perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca, dan Universitas Oxford pada Senin (23/11/2020) ini mengumumkan hasil uji klinis vaksin Covid buatan mereka. Hasilnya, vaksin itu memiliki tingkat kemanjuran rata-rata sebesar 70 persen.

“Kemanjuran dan keamanan vaksin ini mengonfirmasi bahwa itu akan sangat efektif melawan Covid-19 dan akan berdampak langsung pada keadaan darurat kesehatan masyarakat,” ungkap Kepala Eksekutif AstraZeneca, Pascal Soriot, dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP, Senin (23/11/2020).

Walau bagaimanapun, kemanjuran rata-rata vaksin buatan AstraZeneca itu lebih rendah dibandingkan dengan vaksin corona yang diproduksi oleh beberapa perusahaan rival lainnya. Sebut saja Pfizer/BioNTech dan Moderna yang mampu menghasilkan vaksin Covid dengan efektivitas mencapai di atas 90 persen.

Pfizer dan BioNTech bakal memperoleh otorisasi darurat AS dan Eropa untuk vaksin Covid buatan mereka pada bulan depan, setelah hasil uji coba terakhir menunjukkan vaksin itu memiliki tingkat keberhasilan 95 persen. “Tidak ada efek samping yang serius,” ungkap Pfizer, Rabu (18/11/2020).

Vaksin buatan Pfizer dan Moderna sama-sama dikembangkan dengan teknologi baru, yang dikenal sebagai messenger RNA (mRNA). Laporan hasil uji coba tersebut semakin membuka harapan masyarakat global untuk diakhirinya pandemi virus corona—yang telah menewaskan lebih dari 1,3 juta jiwa di seluruh dunia dan mendatangkan malapetaka pada sektor ekonomi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2