Vaksin Covid Sinopharm China Diklaim Aman untuk Anak dan Remaja

Djairan ยท Jumat, 15 Januari 2021 - 20:04:00 WIB
Vaksin Covid Sinopharm China Diklaim Aman untuk Anak dan Remaja
Ilustrasi remaja. (Foto: Ist.)

BEIJING, iNews.idVaksin corona yang dikembangkan anak perusahaan Sinopharm, China National Biotec Group (CNBG), diklaim aman untuk anak-anak dan remaja berusia antara 3-17 tahun. Klaim itu didasari data klinis yang diperoleh perusahaan.

“Namun, perlu dicatat bahwa untuk anak-anak berusia 3-5 tahun, karena sistem kekebalan mereka masih berkembang, mereka harus diawasi dengan cermat dan ketat selama vaksinasi,” ujar Ketua CNBG, Yang Xiaoming, dikutip Reuters, Jumat (15/1/2021).

CNBG saat ini memiliki dua vaksin Covid-19 dalam uji klinis fase ketiga. Keduanya telah diizinkan untuk penggunaan darurat dan diberikan kepada kelompok prioritas terbatas yang berisiko tinggi terinfeksi virus corona. Kandidat vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac juga telah diizinkan untuk penggunaan darurat.

Namun, belum diketahui pasti vaksin CNBG mana yang dirujuk aman untuk digunakan pada anak-anak dan remaja. Vaksin yang dikembangkan oleh unit CNBG di Beijing itu adalah yang pertama di China yang disetujui untuk didistribusikan kepada masyarakat umum pada akhir Desember 2020.

Kandidat vaksin Covid-19 Sinovac dan suntikan dari CanSino Biologics juga sedang diuji kepada anak-anak dan remaja. Pengembang vaksin barat termasuk Pfizer dan Moderna juga memasukkan anak-anak berusia 12 tahun ke dalam uji klinis mereka.

Vaksin CNBG yang disetujui untuk penggunaan publik tersebut diklam terbukti 79,3 persen efektif dalam mencegah orang tertular Covid-19, sesuai pernyataan Institut Produk Biologi Beijing. CNBG mengumumkan itu pada akhir Desember lalu, namun belum merilis data yang lebih rinci.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2