Vatikan Siapkan Tindakan Cegah Paus Fransiskus Tertular Virus Korona

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 06 Maret 2020 - 08:06 WIB
Vatikan Siapkan Tindakan Cegah Paus Fransiskus Tertular Virus Korona

Paus Fransikus melambaikan tangan kepada umat saat menyampaikan doa Angelus Minggu dari jendela yang menghadap Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, 1 Maret 2020. (FOTO: Filippo MONTEFORTE / AFP)

VATICAN CITY, iNews.id - Vatikan mempertimbangkan perubahan jadwal Paus Fransiskus untuk menghindari penyebaran virus korona baru. Langkah-langkah itu sekaligus juga untuk mencegah Paus tertular virus korona.

Virus itu kini sudah menewaskan 148 orang dan menginfeksi ratusan orang di Italia.

"Langkah-langkah itu akan mencakup kegiatan (Paus), Tahta Suci dan Kota Vatikan dalam beberapa hari mendatang," kata juru bicara resmi Vatikan, Matteo Bruni, seperti dilaporkan AFP, Jumat (6/3/2020).

Vatikan belum menyatakan apakah Paus berusia 83 tahun itu sementara waktu akan dijauhkan dari keramaian atau apakah dia akan berhenti berjabat tangan dengan para pengunjung.

Paus Fransiskus belum terlihat di depan umum sejak muncul dalam doa pada Minggu kemarin di hadapan orang banyak di Lapangan Santo Petrus. Dia juga melewatkan beberapa ibadah tahunan karena flu.

Dia terlihat batuk dan membersihkan hidung sejak Rabu pekan lalu.

Paus membatalkan jadwalnya dan menghabiskan sebagian besar waktunya di wisma Saint Martha di Vatikan.

Paus kelahiran Argentina itu menikmati kehidupan yang sehat meski kehilangan sebagian paru-paru ketika masih muda dan menderita sakit panggul -suatu kondisi saraf yang menyebabkan rasa sakit di pinggulnya.

Namun dia jarang membatalkan janji dan biasanya selalu menambah waktu ekstra untuk bertemu dengan pendukung dan umat.

Editor : Nathania Riris Michico