Video Penyiksaan Tahanan di Penjara Bocor, Presiden Pecat Dirjen Pemasyarakatan

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 26 November 2021 - 11:56:00 WIB
Video Penyiksaan Tahanan di Penjara Bocor, Presiden Pecat Dirjen Pemasyarakatan
Ilustrasi penjara. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Presiden Rusia, Vladimir Putin, memecat kepala layanan penjara negara itu (semacam jabatan direktur jenderal Pemasyarakatan di Indonesia) pada Kamis (25/11/2021). Pemecatan itu menyusul bocornya video yang menunjukkan para tahanan di penjara Rusia disiksa dan dilecehkan secara seksual, beberapa minggu lalu.

Reuters melansir, Putin memberhentikan Alexander Kalashnikov dari jabatan kepala Layanan Lembaga Pemasyarakatan Federal (FSIN) lewat sebuah dekrit singkat yang diterbitkan di laman web resmi Kremlin. Wakil Menteri Dalam Negeri Rusia, Arkady Gostev, selanjutnya akan ditunjuk menjadi pengganti Kalashnikov untuk mengemban tugas itu.

Kremlin tidak memberikan alasan perinci pemecatan Kalashnikov sebagai kepala FSIN. Namun, langkah itu dilakukan setelah FSIN bulan lalu memecat lima pejabat senior lembaga pemasyarakatan dan membuka banyak penyelidikan kriminal atas insiden di sebuah penjara di wilayah Saratov.

Pihak berwenang pun langsung bertindak setelah kelompok hak asasi tahanan, Gulagu.net, mulai menerbitkan video yang diklaim sebagai bukti grafis atas perilaku sadisme aparat yang terjadi di penjara yang terletak sekitar 700 km sebelah tenggara Moskow itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: