Vietnam Bersedia Beli Vaksin Sputnik V Rusia untuk Hadapi Covid-19

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:23 WIB
Vietnam Bersedia Beli Vaksin Sputnik V Rusia untuk Hadapi Covid-19

Ilustrasi vaksin Covid-19 yang ditemukan Rusia. (Foto: AFP)

HANOI, iNews.id – Kementerian Kesehatan Vietnam telah mendaftar untuk membeli vaksin Sputnik V buatan Rusia. Rencana tersebut diungkapkan oleh saluran televisi milik pemerintah setempat pada Jumat (14/8/2020).

“Pada saat bersamaan, Vietnam masih akan terus mengembangkan vaksin Covid-19 di negara sendiri,” kata seorang penyiar Vietnam Television (VTV) seperti dikutip Reuters.

Vietnam sejauh ini melaporkan total 911 kasus infeksi Covid-19, dengan 21 di antaranya berujung pada kematian. Negara Asia Tenggara itu kembali harus bekerja keras memerangi wabah baru virus corona setelah rakyatnya berbulan-bulan menikmati hidup tanpa kasus lokal.

Pada Selasa (11/8/2020) lalu, Rusia menjadi negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan penggunaan vaksin corona. Keesokan harinya, menteri kesehatan negeri beruang merah itu menyatakan, gelombang pertama vaksin Covid-19 pertama di dunia bakal diluncurkan dalam dua minggu ke depan.

Klaim Rusia soal penemuan vaksin Covid-19 pertama di dunia mendapat respons dari Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Alex Azar. Dia mengatakan, dalam perkara vaksin, yang terpenting bukan siapa yang tercepat, melainkan soal keampuhan dan keamanan vaksin.

Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn juga mengemukakan pesimismenya atas vaksin virus corona dari Rusia itu. Salah satu faktor yang memunculkan pesimisme itu adalah fakta bahwa ketika diuji klinis, efektivitas vaksin itu hanya 10 persen.

Meski demikian, beberapa negara telah menyatakan berminat dengan vaksin Rusia itu. Selain Vietnam, Filipina juga menyatakan siap menerima vaksin yang dikembangkan Gamaleya Institute itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil