Vietnam Catat Kematian Pertama akibat Covid-19 sejak Januari Lalu

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 16:04 WIB
Vietnam Catat Kematian Pertama akibat Covid-19 sejak Januari Lalu

Ilustrasi jenazah Covid-19 (foto: istimewa)

HANOI, iNews.id - Vietnam mencatatkan kematian pertama akibat Covid-19 sejak virus tersebut ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO pada Januari lalu.

Dilansir dari Vietnam News Agency, Jumat (31/7/2020), kasus kematian pertama akibat Covid-19 di Vietnam terjadi saat jumlah infeksi di negara itu mencapai 509 dalam kurun waktu tujuh bulan.

"Kematian pertama adalah seorang pria berusia 70 tahun yang tinggal di kota Hoi An," demikian pernyataan resmi otoritas kesehatan Vietnam.

Vietnam sempat dipuji dalam penanganan Covid-19, setelah kasus pertama ditemukan pada Maret lalu pemerintah langsung memberlakukan penguncian wilayah (lockdown) dan menghentikan semua penerbangan dari dan keluar negeri.

Kebijakan lainnya adalah menghentikan semua event yang mengumpulkan orang banyak di satu tempat seperti kompetisi sepak bola dan event hiburan. Langkah tersebut terbilang tepat dalam mengantisipasi penambahan angka infeksi dan mencegah adanya kematian.

Sampai awal Juni lalu, di Vietnam hanya mencatat kurang dari 400 kasus infeksi Covid-19. Namun, kebijakan pelonggaran lockdown dan mengizinkan kompetisi sepak bola bergulir justru membuka celah penularan baru.

Konsekuensinya, Vietnam mengalami peningkatan kasus baru sepanjang Juli. Puncaknya, pada Jumat waktu setempat tercatat ada 45 kasus infeksi baru yang merupakan angka penambahan tertinggi dalam 24 jam.

Editor : Arif Budiwinarto