Vietnam Murka Kapal Nelayannya Ditenggelamkan China di Dekat Pulau Sengketa

Anton Suhartono ยท Sabtu, 04 April 2020 - 16:30 WIB
Vietnam Murka Kapal Nelayannya Ditenggelamkan China di Dekat Pulau Sengketa

Vietnam protes keras China karena kapal nelayannya ditenggelamkan (Foto: AFP)

HANOI, iNews.id - Vietnam melayangkan protes resmi setelah satu kapal nelayannya ditenggelamkan oleh armada pengawas kelautan China di perairan Laut China Selatan dekat pulau yang disengketakan kedua negara.

Dalam pernyataan di situs web resmi pemerintah, Kementerian Luar Negeri Vietnam mengungkap kapal nelayannya lebih dulu ditabrak oleh armada pengawas kelautan China sebelum ditenggelamkan pada Kamis (2/4/2020).

Disebutkan, di dalam kapal ada delapan nelayan. Mereka sedang mencari ikan di dekat Kepulauan Paracel.

Semua nelayan dibawa oleh petugas kelautan China lalu diserahkan ke kapal Vietnam lainnya yang berlayar tak jauh dari lokasi.

“Kapal China melakukan tindakan yang melanggar kedaulatan Vietnam di kepulauan Hoang Sa (Paracel), mengancam beberapa nyawa serta menghancurkan properti dan kepentingan legitimasi nelayan warga Vietnam,” bunyi pernyataan kementerian, seerti dilaporkan kembali Reuters, Sabtu (4/4/2020).

Sejak bertahun-tahun Vietnam dan China terlibat perseturuan mengenai sengketa perairan. Wilayah yang disengketakan itu diketahui kaya sumber energi. Vietnam menyebutnya dengan Laut Timur.

Insiden ini merupakan yang kedua kali dalam waktu kurang dari setahun. Sebelumnya kapal penangkap ikan Vietnam ditenggelamkan oleh armada China juga di dekat Paracel.

Selain itu, ketegangan kembali terjadi setelah kapal survei minyak China beroperasi di perairan yang dikuasai Vietnam selama lebih dari 3 bulan pada 2019.

Editor : Anton Suhartono