Virus Korona Paksa China Tutup Tembok Besar, Kota Terlarang dan Disneyland

Anton Suhartono ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 18:22 WIB
Virus Korona Paksa China Tutup Tembok Besar, Kota Terlarang dan Disneyland

Tembok Besar di seksi Beijing ditutup terkait merebaknya wabah virus korona baru (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - China mengumumkan penutupan tempat-tempat wisata besar terkait merebaknya virus korona baru. Tembok Besar yang berada di Beijing serta Kota Terlarang ditutup mulai Jumat (24/1/2020).

Penutupan dua tempat ikonik itu menyusul Disneyland Shanghai yang disterilkan mulai hari ini. Stadion Sarang Burung, tempat pembukaan Olimpiade 2008, juga ditutup sejak Jumat.

Pemerintah juga membatalkan beberapa festival besar Tahun Baru Imlek yang seharusnya dimulai pada Sabtu (25/1/2020).

Tempat wisata lain, yakni Makam Ming dan Pagoda Yinshan, juga akan ditutup pada Sabtu.

Tembok Besar di seksi Beijing biasanya menjadi sasaran wisatawan untuk mengisi liburan Tahun Baru Imlek. Sedikitnya 10 juta wisatawan mengunjungi Tembok Besar setiap tahun.

Tembok Besar seksi Juyongguan ditutup demikian pula festival Tembok Besar di seksi Simatai.

Kota Terlarang, dikunjungi 19 juta turis pada 2019, juga biasanya dipadati pengunjung selama liburan Tahun Baru Imlek yang berlangsung hingga Februari.

Kebijakan pengetatan di Ibu Kota Beijing ini merupakan yang terbaru dalam upaya mengendalikan wabah virus korona baru. Meskipun hanya 29 kasus yang dikonfirmasi di Beijing, pemerintah kota tak mau mengambil risiko.

Sejauh ini 26 orang meninggal dan lebih dari 800 lainnya positif terjangkit virus korona di China, sebagian besar berada di Kota Wuhan, tempat pertama kalinya virus terdeteksi.

Editor : Anton Suhartono