Virus Korona Sampai Iran, 2 Orang Positif Terinfeksi

Anton Suhartono ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 19:20 WIB
Virus Korona Sampai Iran, 2 Orang Positif Terinfeksi

Iran mengonfirmasi kasus virus korona (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Kementerian Kesehatan Iran mengonfirmasi kasus virus korona atau Covid-19, Rabu (19/2/2020). Dua orang dinyatakan positif terinfeksi, kasus pertama di Iran.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Iran Kianoush Jahanpour mengatakan dua kasus tersebut terdeteksi di Kota Qom.

"Dalam 2 hari terakhir, beberapa kasus suspect virus korona terdeteksi di Kota Qom," kata Jahanpour, kepada kantor berita IRNA seperti dilaporkan kembali AFP.

Menurut dia, tim medis telah dikirim setelah menerima laporan itu. Berdasarkan standar yang berlaku, para suspect diisolasi untuk menjalani pemeriksaan.

"Dari sampel yang dikirim dan diuji di laboratorium, dua dari mereka positif terinfeksi virus korona dan beberapa sampel lainnya adalah influenza tipe B," tuturnya.

Pihaknya juga mengetes dua orang lainnya berstatus suspect dan hasil akhirnya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Di Timur Tengah, Uni Emirat Arab merupakan negara pertama yang melaporkan kasus virus mematikan ini. Hingga Rabu, UEA melaporkan sembilan kasus. Disusul kemudian Mesir yang mengonfirmasi satu kasus sekaligus menjadi negara pertama di Afrika.

Sejauh ini virus korona sudah merenggut 2.010 nyawa di seluruh dunia, enam di antaranya berada di luar China. Sementara jumlah yang terinfeksi di seluruh dunia mencapai 75.000 orang lebih, sekitar 1.100 di antaranya di luar China.


Editor : Anton Suhartono