Vladimir Putin Senang Perusahaan Asing Hengkang dari Rusia

Aditya Pratama ยท Jumat, 27 Mei 2022 - 04:16:00 WIB
Vladimir Putin Senang Perusahaan Asing Hengkang dari Rusia
Presiden Vladimir Putin mengaku senang mengetahui beberapa perusahaan asing keluar dari Rusia. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Vladimir Putin mengaku senang mengetahui beberapa perusahaan asing keluar dari Rusia. Menurutnya, bisnis di dalam negeri dapat menggantikan berbagai perusahaan yang hengkang.

Dikutip dari Reuters, Putin memperingatkan Barat bahwa pihaknya masih akan menemukan cara untuk memperoleh teknologi canggih dan barang-barang mewah.

"Kadang-kadang ketika Anda melihat mereka yang pergi, terima kasih Tuhan, mungkin? Kami akan menempati ceruk mereka dengan bisnis kami, produksi kami. Itu telah berkembang, dan itu akan dengan aman duduk di tanah yang disiapkan oleh mitra kami," ujar Putin dikutip, Jumat (27/5/2022).

Putin juga menyebut invasi ke Ukraina sebagai titik balik dalam sejarah Rusia: pemberontakan Moskow melawan Amerika Serikat, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet pada 1991. 

Selain kematian dan kengerian perang, konflik dan upaya Barat untuk mengisolasi Rusia sebagai hukuman telah menghambat pertumbuhan ekonomi global dan memicu gelombang inflasi ketika harga gandum, minyak goreng, pupuk, dan energi melambung tinggi.

Sejak perang, sejumlah investor asing utama, mulai dari BP (British Petroleum) hingga McDonald's Corp telah keluar tepat ketika ekonomi Rusia menghadapi kontraksi terburuk sejak tahun-tahun setelah gejolak keruntuhan Soviet.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: