Wabah Corona, Kampus Top Inggris Cambridge Berlakukan Kuliah Online sampai 2021

Anton Suhartono ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 15:21 WIB
Wabah Corona, Kampus Top Inggris Cambridge Berlakukan Kuliah Online sampai 2021

Universitas Cambridge Inggris memberlakukan kuliah online sampai 2021 (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Para mahasiswa dan dosen di kampus terkemuka Inggris, Universitas Cambridge, tampaknya belum bisa bertatap muka setidaknya sampai musim panas 2021. Penyebabnya, kampus berusia 800 tahun itu masih menerapkan perkuliahan online pada tahun ajaran mendatang terkait ketidakpastian wabah virus corona.

Dalam pernyataan, seperti dikutip dari New York Times, Kamis (21/5/2020), Universitas Cambridge menilai pemberlakuan jarak sosial masih akan terus berlangsung di Inggris. Oleh karena itu, perkuliahan online masih tetap dilanjutkan pada tahun akademik mendatang yang dimulai pada Oktober dan berakhir musim panas 2021.

Disebutkan pula, pemberlakuan kuliah online akan dievaluasi jika otoritas mengubah pedoman kesehatan.

Meski demikian, para dosen diberi kesempatan untuk menggelar tatap muka asal jumlah orang yang terlibat sedikit dan tak melanggar aturan jarak sosial. Itu pun hanya perkuliahan yang memang tak memadai jika dilakukan dari jarak jauh.

Perguruan tinggi di seluruh dunia menghadapi kendala yang sama, yakni terpaksa memberlakukan kuliah online pada tahun akademik mendatang.

Namun di Amerika Serikat, beberapa kampus yang berada di zona relatif aman tampaknya akan memulai perkuliahan langsung, namun disertai jaminan mereka akan mengetes virus corona terhadap semua mahasiswa lebih dulu.

California State University masih akan memperpanjang sistem perkuliahan jarak jauh pada musim gugur ini karena wilayah mereka termasuk dalam zona berbahaya. Namun tatap muka masih dimungkinkan untuk praktik laboratorium serta program keperawatan.

Editor : Anton Suhartono