Waduh, AS Hentikan Pengiriman Jet Tempur F-35 Setelah Ditemukan Ada Komponen Buatan China

Anton Suhartono ยท Kamis, 08 September 2022 - 17:08:00 WIB
Waduh, AS Hentikan Pengiriman Jet Tempur F-35 Setelah Ditemukan Ada Komponen Buatan China
Dephan AS menghentikan sementara pengiriman F-35 buatan Lockheed Martin setelah ditemukan ada komponen buatan China (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menghentikan sementara pengiriman jet tempur F-35. Penyebabnya ada komponen pesawat canggih itu yang ternyata didatangkan dari China.

Pentagon menyebutkan komponen itu merupakan campuran yang dibuat oleh China. Ini bisa melanggar aturan federal.

Komponen yang dimaksud Pentagon adalah magnet pada mesin turbo dibuat menggunakan campuran kobalt dan samarium yang diketahui berasal dari China. Magnet itu merupakan bagian dari mesin turbo yang memberikan daya ke starter/generator di mesin jet. Meski demikian Pentagon memastikan material tersebut tidak membahayakan.

"Kami telah mengonfirmasi magnet tidak mengirim informasi atau membahayakan keseluruhan pesawat serta tidak ada risiko dalam kinerja, kualitas, keselamatan, atau keamanan yang terkait dengan masalah ini," kata Juru Bicara Pentagon, Russ Goemaere, dikutip dari RT, Kamis (8/9/2022).

Dia menambahkan, jet tempur F-35 yang sudah beroperasi tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Menurut Goemaere, produsen F-35 Lockheed Martin berinisiatif melaporkan temuan itu dan telah menemukan sumber alternatif sebagai pengganti komponen tersebut.  Pihak-pihak terkait masih menyelidiki untuk mengetahui bagaimana produsen bisa kecolongan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda