Waduh, Kapsul Radioaktif Jet Tempur F-15 Jepang yang Jatuh di Laut Belum Ditemukan

Anton Suhartono ยท Sabtu, 16 April 2022 - 21:54:00 WIB
Waduh, Kapsul Radioaktif Jet Tempur F-15 Jepang yang Jatuh di Laut Belum Ditemukan
Komponen mengandung gas radioaktif dari jet tempur F-15 Jepang yang jatuh di laut belum ditemukan (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.id - Kecelakaan jet tempur F-15 Pasukan Bela Diri Angkatan Udara Jepang di laut pada 31 Januari lalu bisa mengundang kekhawatiran baru. Sebagian komponen pesawat yang mengandung radiasi belum ditemukan.

Kantor berita Kyodo melaporkan, setengah dari elemen pesawat yang mengandung gas radioaktif Kripton-85 masih hilang. Komponen berbentuk kapsul yang mengandung gas radioaktif itu berada di sistem pengapian mesin. 

Kedua mesin jet sudah ditemukan, namun hanya tiga dari empat sistem pengapian yang ditemukan, salah satunya sudah rusak hingga unsur radioaktifnya hilang.

Badan energi atom Jepang membenarkan dua kapsul yang mengandung gas radioaktif hilang. Namun dalam laporannya, lembaga itu mengklaim kadar Kripton-85 dalam kapsul tidak terlalu menimbulkan ancaman bagi manusia dan lingkungan.

Seperti diberitakan, jet tempur F-15 Jepang menghilang dari radar tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara di Prefektur Ishikawa pada 31 Januari. Beberapa lama setelah itu, pesawat buatan Amerika Serikat itu dipastikan jatuh.

Jenazah kedua pilot ditemukan dua pekan kemudian.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda