Wah, Peneliti China Sebut Virus Corona Sudah Menyerang AS sejak September 2019

Anton Suhartono ยท Jumat, 24 September 2021 - 10:14:00 WIB
Wah, Peneliti China Sebut Virus Corona Sudah Menyerang AS sejak September 2019
Peneliti China menyebut kasus virus corona sudah menyerang Amerika Serikat sejak September 2019 (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Para peneliti China menyebut virus corona baru sudah ada di Amerika Serikat kemungkinan mulai September 2019, 3 bulan lebih awal sejak kasus pertama di Wuhan. Penilaian itu diambil berdasarkan analisis data besar.

Berdasarkan artikel yang diterbitkan pada Rabu (22/9/2021), bagian pracetak ChinaXiv, layanan penerbitan online Perpustakaan Sains Nasional China, serangkaian penelitian sebelumnya mengungkap, selain di AS, tanda-tanda kasus virus corona juga ditemukan di Spanyol, Prancis, Italia, Brasil, serta beberapa negara lain, sebelum menjadi wabah di China, seperti dilaporkan kembali Xinhua.

Artikel berjudul 'Menentukan Kasus Pertama Epidemi Covid-19 dari Perspektif Probabilistik' itu menyebutkan, analisis kualitatif dan kuantitatif penyakit menular yang dilakukan dengan menggabungkan pemodelan matematika dan teknologi kecerdasan buatan bisa mengungkap hukum epidemi penyakit menular. 

Para peneliti membuat pemodelan yang dimaksimalkan menggunakan transmisi epidemi dan metode analisis data. Hasilnya muncul tanggal kasus infeksi pertama di 12 negara bagian wilayah timur laut AS serta Kota Wuhan dan Provinsi Zhejiang, China.

Untuk 12 negara bagian AS, tanggal infeksi pertama dengan probabilitas 50 persen jatuh antara Agustus dan Oktober 2019, sedangkan yang paling awal adalah 26 April 2019 di Rhode Island dan yang terbaru adalah 30 November 2019 di Delaware. Disebutkan pandemi Covid-19 di AS mulai menyebar sekitar September 2019 dengan angka keyakinan probabilitas tertinggi.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: