Wakil Presiden AS Kamala Harris Tiba di Singapura, Mulai Kunjungan Asia Tenggara

Anton Suhartono ยท Minggu, 22 Agustus 2021 - 13:21:00 WIB
Wakil Presiden AS Kamala Harris Tiba di Singapura, Mulai Kunjungan Asia Tenggara
Kamala Harris mendarat di Singapura Minggu (22/8) untuk memulai kunjungan Asia Tenggara (Foto: Reuters)

SINGAPURA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Kamala Harris tiba di Singapura, Minggu (22/8/2021) untuk memulai kunjungan di Asia Tenggara. Selain Singapura, Harris juga akan ke Vietnam.

Dikutip dari The Straits Times, pesawat Air Force Two yang membawa Harris dan rombongan mendarat di Pangkalan Udara Paya Lebar sekitar pukul 10.50 waktu setempat. Dia dijadwalkan berada di Singapura sampai Selasa mendatang.

Kunjungan di tengah pandemi Covid-19 menjadi perhatian berbagai pihak. Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung sebelumnya mengatakan, Harris menjalani tes Covid-19 rutin dan semua protokol diberlakukan untuk memastikan keamanannya.

Perempuan 56 tahun itu meninggalkan AS pada Sabtu waktu setempat dan tak keluar pesawat Air Force Two saat transit di Anchorage, Alaska, untuk mengisi bahan bakar serta Tokyo, Jepang.

Harris akan memulai serangkaian pertemuan formal pada Senin yakni bertemu Presiden Halimah Yacob di Istana, disusul dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Di hari yang sama, perempuan kulit hitam pertama yang menjadi wapres AS itu akan mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut Changi tempat kapal perang USS Tulsa bersandar. Kapal dan prajurit AS untuk mengikuti latihan perang di kawasan.

Keesokan harinya Harris akan menyampaikan pidato kebijakan dan ikut serta dalam diskusi meja bundar dengan komunitas bisnis.

Pada Selasa sore Harris melanjutkan tur Asia Tenggara ke Vietnam. Selain bertemu dengan para pejabat, agenda Harris adalah meresmikan kantor perwakilan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS di Asia Tenggara.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: