Walter Mondale, Waki Presiden AS Pendamping Jimmy Carter Meninggal Dunia

Djairan ยท Selasa, 20 April 2021 - 09:36:00 WIB
Walter Mondale, Waki Presiden AS Pendamping Jimmy Carter Meninggal Dunia
Walter Mondale (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Walter Mondale meninggal dunia, Senin (19/4/2021), di usia 93 tahun. Dia menjadi pendamping Presiden Jimmy Carter selama satu periode yakni 1977-1981.

Dikutip dari Reuters, Selasa (20/4/2021), berdasarkan keterangan perwakilan keluarga, Mondale meninggal di Kota Minneapolis, namun tak memberi tahu penyebabnya. Mendiang dikenal sebagai politikus Partai Demokrat terkemuka di akhir abad ke-20. 

Selain itu Mondale juga calon presiden AS pertama yang memilih pasangannya dari kalangan perempuan dalam pilpres 1984, yakni Geraldine Ferraro anggota Kongres dari Partai Demokrat New York. Namun pasangan itu kalah tipis melawan Ronald Reagan.

Dikenal luas sebagai ‘Fritz’ Mondale, mantan senator AS itu menaruh perhatian lebih kepada aktivis serta hak-hak sipil, integrasi sekolah, perlindungan konsumen, pertanian, serta kepentingan buruh.

Dalam perjalanan kariernya dia juga pernah menjabat Duta Besar AS untuk Jepang dari 1993-1996 atau di masa kepemimpinan Bill Clinton

Lalu, 18 tahun kemudian, saat itu berusia 74 tahun, Demokrat Minnesota meminta Mondale mencalonkan diri sebagai anggota Senat. Dia diminta menggantikan Senator Paul Wellstone yang meninggal dalam kecelakaan pesawat 11 hari sebelum pemilihan 2002.

Mondale merupakan anak didik Hubert Humphrey yang juga seorang senator dan wakil presiden yang kalah dalam pilpres 1968.

Editor : Anton Suhartono