Warga China Diminta Tak Kontak Fisik dengan Orang Asing gegara Cacar Monyet

Anton Suhartono ยท Selasa, 20 September 2022 - 10:59:00 WIB
Warga China Diminta Tak Kontak Fisik dengan Orang Asing gegara Cacar Monyet
Warga China dilarang melakukan kontak fisik langsung dengan orang asing yang baru tiba terkait kasus cacar monyet (Foto: WHO)

BEIJING, iNews.id - Warga China diminta untuk tidak melakukan kontak fisik langsung dengan orang asing yang baru tiba. Kebijakan ini diambil menyusul temuan kasus pertama cacar monyet di China. Negara itu mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet di Kota Chongqing pekan lalu.

"Untuk mencegah kemungkinan infeksi cacar monyet dan sebagai bagian dari gaya hidup sehat, disarankan agar Anda tidak melakukan kontak kulit langsung atau berhubungan dekat dengan orang asing yang baru terinfeksi yang tiba dari luar negeri baru-baru ini," kata kepala ahli epidemiologi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CCDC), Wu Zunyou, di akun Weibo, seperti dilaporkan kembali RT, Selasa (20/9/2022).

Dalam posting-an berikutnya, Wu menjelaskan bagian "baru-baru ini" yakni tiba di China dalam 3 pekan terakhir.

Wu juga merekomendasikan agar masyarakat menghindari kontak kulit dengan kulit secara tidak langsung. Dia mencontohkan pentingnya penggunaan alas di kloset duduk toilet umum.

CCDC mengungkap, pasien positif cacar monyet diketahui sebagai salesman berusia 29 tahun yang baru pulang dari Jerman. Dia kini masih menjalani isolasi. Pasien itu diyakini berhubungan seks dengan pria lain atau gay saat berada di Berlin, Jerman, awal September. Dia juga sempat melakukan perjalanan ke Spanyol sebelum kembali ke Chongqing pada 14 September.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda