Dunia Antusias Sambut 2020: dari Kembang Api, Pesta Meriah hingga Salju Buatan

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 17:12 WIB
Dunia Antusias Sambut 2020: dari Kembang Api, Pesta Meriah hingga Salju Buatan

Perayaan Tahun Baru 2020 di Harbour Bridge dan Opera House yang ikonik di Sydney, Australia. (FOTO: AFP/PETER PARKS))

MOSKOW, iNews.id - Kota demi kota dan berbagai negara di dunia merayakan tahun baru dan dekade baru dengan kembang api, musik, dan pesta semalam suntuk. Dilatarbelakangi kembang api di angkasa dan salju buatan di tanah, jam besar yang menjulang tinggi di Kremlin, Moskow, Rusia berdentang menandai 2020.

Suhu yang tidak biasanya hangat membuat Malam Tahun Baru tidak lagi diselimuti salju putih. Alhasil, pemerintah Rusia membuat salju buatan di sekitar Moskow untuk menciptakan suasana Tahun Baru yang tepat.

Dilaporkan Associated Press, Rabu (1/1/2020), pertunjukkan kembang api selama 10 menit juga membahagiakan orang-orang di Dubai. Sementara di Jepang, sejumlah selebriti secara bergiliran memukul lonceng di kuil Budha, suatu tradisi kuno yang masih dilakukan hingga saat ini.

Kembang api juga memeriahkan langit di sebagian Asia dan Pasifik, termasuk di Sydney Harbor, Australia.

Namun pertunjukkan kembang api di beberapa bagian lain di dunia dibatalkan karena kondisi yang sangat kering, yang dikhawatirkan akan memicu kebakaran hutan.

Sebagian negara Asia tidak merayakan Malam Tahun Baru seperti biasa. Demonstran pro-demokrasi di Hong Kong melantunkan nyanyian protes mereka ketika mendekati pergantian tahun.

Pihak berwenang membatalkan tradisi menyalakan kembang api karena alasan keamanan, menggantikannya dengan pertunjukkan cahaya berwarna-warni yang menyorot gedung-gedung pencakar langit di kota itu.

Di Eropa Barat dan Amerika, para pengunjung pesta berpesta semalam suntuk dan mereka yang hanya ingin menikmati malam yang tenang menyantap makanan lezat saat menyambut pergantian tahun.

Editor : Nathania Riris Michico