Warga Iran Berduka Atas Kematian Remaja 15 Tahun Ini, Ada Apa?

Umaya Khusniah ยท Minggu, 26 September 2021 - 07:51:00 WIB
Warga Iran Berduka Atas Kematian Remaja 15 Tahun Ini, Ada Apa?
Ali Landi (15) dimakamkan pada hari Jumat (24/9/2021) dengan penghormatan negara penuh. (Foto: Anadolu)

TEHERAN, iNews.id - Seorang remaja umur 15 tahun dipuji sebagai pahlawan nasional di Iran. Dia tewas setelah berusaha menyelamatkan dua wanita dari kebakaran rumah di Kota Izeh, Iran. 

Ali Landi (15) dimakamkan pada hari Jumat (24/9/2021) dengan penghormatan negara penuh. Dia meninggal akibat luka bakar tingkat tiga dalam upaya penyelamatan korban kebakaran awal bulan ini. 

Presiden Iran, Ebrahim Raisi memujinya sebagai pahlawan nasional. Kisah pengorbanan Landi harus diriwayatkan melalui seni dan sastra untuk menginspirasi generasi mendatang.

"Setiap orang Iran bangga dengan anak-anak seperti itu,” katanya sambil menyampaikan simpati kepada keluarga yang ditinggalkan.

Sementara itu, Wakil Presiden Iran, Mohammad Mokhber juga turut berduka cita atas kematian tragis Landi. Dia menegaskan, tindakan tanpa pamrih Landi telah menjadi contoh bagi mereka yang berusaha untuk menyebarkan budaya pengorbanan dan tidak mementingkan diri sendiri.

Banyak menteri dan politisi Iran juga bergabung dalam penghormatan untuk Landi. Menteri Pendidikan sementara, Alireza Kazemi menggambarkannya sebagai pahlawan hebat bagi generasi muda di Iran.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: