WHO: Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata

Anton Suhartono ยท Kamis, 15 September 2022 - 05:54:00 WIB
WHO: Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata
Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut akhir pandemi Covid-19 sudah berada di depan mata. Dunia saat ini berada dalam posisi terbaik untuk mengalahkan virus corona.

Dia pun mendesak negara-negara di dunia untuk terlibat aktif terus memerangi virus yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, China, pada akhir 2019 tersebut.

"Kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi. Kita belum sampai di sana, tapi ujungnya sudah di depan mata," kata Ghebreyesus, dikutip dari Sputnik, Kamis (15/9/2022).

Dia mencatat jumlah kematian akibat Covid-19 pada pekan lalu merupakan yang terendah sejak Maret 2020. Sepanjang pekan lalu dilaporkan lebih dari 3,1 juta kasus infeksi dan 11.000 korban meninggal akibat Covid-19 di seluruh dunia.

Lebih lanjut mantan Menteri Kesehatan Ethiopia itu mendesak semua negara untuk terus merampungkan vaksinasi hingga semua kelompok rentan sudah mendapatkannya alias 100 persen. Mereka termasuk petugas kesehatan dan kalangan orang tua yang  menjadi prioritas tertinggi. Saat ini laporan WHO menyebutkan cakupan vaksinasi global sudah mencapai 70 persen.

Dalam laporan pembaruan pekanan, Rabu kemarin, WHO mengungkap jumlah kasus baru menurun 28 persen, demikian pula dengan kasus kematian yang turun 22 persen dalam sepekan terakhir.  Sementara itu hingga 11 September, lebih dari 605 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus corona dengan lebih dari 6,4 juta kasus kematian.

Badan PBB tersebut menyatakan wabah Covid-19 sebagai pandemi pada 11 Maret 2020. 

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda