WHO: Virus Corona Terlalu Pintar bagi Kita, Selangkah Lebih Maju

Anton Suhartono ยท Jumat, 15 Juli 2022 - 15:18:00 WIB
WHO: Virus Corona Terlalu Pintar bagi Kita, Selangkah Lebih Maju
David Nabarro menyebut virus corona terlalu pintar untuk manusia saat kasus Covid-19 terus meningkat di seluruh dunia (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id - Kasus infeksi Covid-19 secara global meningkat belakangan ini. Penyebabnya virus corona terus bermutasi, menyesuaikan diri dengan kondisi. 

David Nabarro, utusan khusus WHO untuk Covid-19, mengatakan virus corona selangkah lebih maju dari upaya dunia untuk menghentikan lajunya.

“Alasan mengapa kita mengalami peningkatan adalah karena itu (virus) berubah terus, dia terlalu pintar untuk kita. Dia bisa membobol sistem pertahanan kekebalan kita,” kata Nabarro, dalam wawancara dengan Sky News yang disyiarkan Kamis (14/7/2022). 

Kondisi ini diperparah dengan sebagaian besar orang berhenti menerapkan tindakan pencegahan, seperti tak lagi mengenakan masker.

“Saran saya kepada semua orang adalah, tolong, virus ini belum hilang. Ini memang tidak membunuh banyak orang (lagi), tapi benar-benar tidak menyenangkan, terutama jika Anda terpapar Covid dalam waktu lama," ujarnya. 

Komentar ini disampaikan Nabarro 2 hari setelah Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta pemerintah di semua negara untuk mewajibkan kembali penggunaan masker serta menjaga jarak sosial. 

“Virus ini berkeliaran bebas dan negara-negara tidak mengelola penyakit ini secara efektif,” kata Tedros.

Menurut laporan WHO, lebih dari 5,7 juta kasus infeksi dilaporkan secara global sepanjang pekan lalu atau naik 6 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Meski demikian kasus kematian turun tajam dari dibandingkan tahun lalu. 

Kasus kematian secara global sekitar 9.800 sepanjang pekan lalu, turun 82 persen dari tahun sebelumnya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda