WHO Khawatir Wabah Covid di Korut Munculkan Varian Baru, Ini Alasannya

Antara ยท Rabu, 18 Mei 2022 - 17:38:00 WIB
WHO Khawatir Wabah Covid di Korut Munculkan Varian Baru, Ini Alasannya
Direktur Kedaruratan WHO, Mike Ryan. (Foto: Reuters)

JENEWA, iNews.id – Pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Mike Ryan, mengungkapkan kekhawatirannya akan wabah Covid yang berkembang di Korea Utara. Menurut dia, tingkat penularan virus yang tinggi di kalangan orang-orang yang tidak divaksin, seperti di Korut, berpotensi besar memunculkan varian baru.

Korut saat ini sedang bergulat dengan wabah Covid-19 pertama yang diakui Pyongyang. Situasi di sana pun memicu kekhawatiran krisis besar-besaran lantaran kurangnya vaksin dan infrastruktur medis yang dimiliki negara komunis itu.

“Tentunya mengkhawatirkan jika negara-negara tidak menggunakan sarana yang kini tersedia,” kata Ryan saat menanggapi pertanyaan seputar wabah di Korut.

“WHO kerap mengatakan bahwa di mana ada penularan yang tak terkontrol, di situlah selalu muncul potensi besar varian baru,” ujar pria yang menjabat direktur kedaruratan WHO itu lagi.

Pada konferensi pers yang sama, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mengaku sangat prihatin dengan penyebaran virus corona di kalangan warga yang tidak divaksin yang memiliki banyak penyakit bawaan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda