WHO Prediksi Warga Dunia Perlu Disuntik Vaksin Covid Booster Setiap 1 atau 2 Tahun

Anton Suhartono ยท Jumat, 25 Juni 2021 - 08:00:00 WIB
WHO Prediksi Warga Dunia Perlu Disuntik Vaksin Covid Booster Setiap 1 atau 2 Tahun
WHO memprediksi warga dunia perlu mendapat suntikan vaksin Covid-19 booster setiap 1 atau 2 tahun (Foto: Reuters)

BRUSSEL, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi, masyarakat internasional, apalagi kalangan rentan Covid-19 seperti orang tua, perlu mendapat vaksin tambahan atau booster rutin untuk melindungi mereka dari berbagai varian baru.

Dalam dokumen internal WHO sebagaimana dilihat Reuters, prediksi tersebut masih mungkin berubah atau bisa dipasangkan dengan dua skenario lain, meski kemungkinannya kecil.

WHO menganggap, suntikan booster perlu diberikan setiap tahun kepada individu berisiko tinggi sebagai skenario dasar 'indikatif', sementara suntikan booster setiap 2 tahun diberikan untuk masyarakat umum.

Dokumen tersebut tidak menjelaskan bagaimana kesimpulan itu diambil, namun menggarisbawahi ancaman Covid-19 varian baru yang akan terus muncul serta perbaruan vaksin virus corona secara berkala.

Dokumen tertanggal 8 Juni dan masih dalam pengembangan tersebut akan dibahas WHO dalam pertemuan GAVI, aliansi vaksin untuk program Covax.

Produsen vaksin seperti Moderna dan Pfizer sebelumnya menegaskan dunia akan membutuhkan suntikan booster guna mempertahankan tingkat kekebalan tinggi, namun belum ada bukti yang jelas.

Seorang juru bicara Gavi mengatakan, Covax berencana untuk mempertimbangkan berbagai skenario.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2