Wow, Peneliti Temukan Fosil Dinosaurus Tanpa Lengan Mirip T-Rex

Umaya Khusniah · Sabtu, 19 Februari 2022 - 06:38:00 WIB
Wow, Peneliti Temukan Fosil Dinosaurus Tanpa Lengan Mirip T-Rex
Peneliti menemukan fosil dinosaurus tanpa lengan di Argentina. (Foto: Anjali Goswami))

BUENOS AIRES, iNews.id - Peneliti menemukan fosil dinosaurus tanpa lengan di Argentina. Penemuan itu diduga merupakan kerabat dekat dari sekelompok dinosaurus tak berlengan yang hidup sekitar 70 juta tahun lalu.

Sisa-sisa fosil ini merupakan spesies baru yang disebut Guemesia Ochoai. Benda bersejarah ini ditemukan di Formasi Los Blanquitos, sebuah formasi geologis dekat Amblayo, Provinsi Salta.

Penemuan tengkorak yang sebagian masih lengkap ini menunjukkan bukti baru ekosistem dari periode Kapur Akhir. 

Para peneliti dari Natural History Museum di London mengatakan, penemuan dinosaurus Guemesia Ochoai dilakukan di Argentina utara di mana ada beberapa jenis fosil juga ditemukan di lokasi itu.

Para peneliti percaya, hewan itu mungkin bagian dari kelompok Abelisauridae dinosaurus theropoda ceratosaurian yakni keluarga dinosaurus karnivora dengan kaki depan kecil dan mirip T-Rex.

Abelisauridae, biasanya, menggunakan kepala dan rahangnya yang kuat untuk menangkap mangsa. Panjang tubuhnya berkisar antara 16-30 kaki.

Spesies ini berkembang selama periode Kapur dan berkeliaran di Patagonia dan daerah lain di superkontinen selatan kuno Gondwana. Daratan itu akhirnya terpecah menjadi Afrika, Amerika Selatan, Australia, Antartika, anak benua India, dan Semenanjung Arab.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda