Wow, Salon Harus Bayar Rp3,8 Miliar ke Seorang Konsumen Gara-Gara Salah Potong Rambut

Anton Suhartono ยท Sabtu, 25 September 2021 - 11:34:00 WIB
Wow, Salon Harus Bayar Rp3,8 Miliar ke Seorang Konsumen Gara-Gara Salah Potong Rambut
Ilustrasi sebuah salon di hotel terkenal New Delhi, India, harus membayar ganti rugi sekitar Rp3,8 miliar karena memotong rambut seorang konsumen tak sesuai permintaan (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id - Sebuah salon di India harus membayar ganti rugi 20 juta rupee atau sekitar Rp3,8 miliar kepada seorang model perempuan. Pelanggan dicukur tak sesuai keinginan sang model menyebabkan dia mengalami gangguan kejiawaan yang parah.

Catatan pengadilan mengungkap, pelanggan, Aashna Roy, datang ke salon di sebuah hotel kenamaan Ibu Jota New Delhi pada 2018. Dia meminta staf untuk memangkas ujung rambut hanya sepanjang 10 sentimeter.

"Namun yang sangat mengejutkan dan mengagetkan pelapor, penata rambut memotong hampir semua rambut dan hanya menyisakan sekitar 10 cm dari kepala, (sehingga rambut) nyaris tidak menyentuh bahunya," bunyi dokumen, seperti dikutip dari AFP.

Pengadilan menyatakan, Roy yang merupakan model untuk beberapa produk terkait rambut, mengalami kerugian yang menyebabkan gangguan kejiwaan parah dan truma hebat.

"Tidak ada keraguan bahwa para perempuan sangat warpada dan berhati-hati dengan rambut mereka. Mereka menghabiskan banyak uang untuk menjaga rambut agar tetap dalam kondisi baik. Mereka juga terikat secara emosional dengan rambut mereka," demikian putusan Komisi Penanganan Sengketa Konsumen Nasional.

Peristiwa ini, lanjut komisi, menyebabkan Roy kehilangan pekerjaan dan menderita kerugian besar yang mengubah gaya hidup serta menghancurkan mimpinya menjadi model papan atas.

Pengadilan menghukum salon dengan membayar ganti rugi 20 juta rupee dalam waktu 8 pekan sejak putusan keluar.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: