Xi Jinping Berkunjung ke Arab Saudi, Sepakati Kerja Sama Senilai Rp455 Triliun

Anton Suhartono · Rabu, 07 Desember 2022 - 10:09:00 WIB
Xi Jinping Berkunjung ke Arab Saudi, Sepakati Kerja Sama Senilai Rp455 Triliun
Xi Jinping bertemu dengan Raja Salman saat berkunjung ke Arab Saudi pada 2016 (Foto: SPA)

RIYADH, iNews.id - Presiden China Xi Jinping memulai kunjungannya ke Arab Saudi, Rabu (17/11/2022). Dia dan pemimpin Saudi akan menyaksikan penandatanganan lebih dari 20 kesepakatan kedua negara senilai 110 miliar riyal atau sekitar Rp455,2 triliun.

Dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), Xi juga dijadwalkan menghadiri tiga pertemuan tingkat tinggi selama kunjungan 3 harinya, yakni KTT Saudi-China, KTT Teluk-China untuk Kerja Sama dan Pembangunan, dan KTT Arab-China untuk Kerja Sama dan Pembangunan.

Sementara itu terkait pertemuan bilateral akan diteken dokumen kemitraan strategis antara Arab Saudi dan China, di samping rencana harmonisasi Visi 2030 Kerajaan Arab Saudi dan Belt and Road Initiative (BRI).

Kunjungan tersebut mewakili keinginan pemimpin dari kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral dan kemitraan strategis dalam memenuhi kepentingan bersama. Selain ekonomi, kedua negara akan memperdalam kerja sama di bidang pendidikan dan budaya. Sejak beberapa tahun terakhir, beberapa kampus dan sekolah Saudi telah mengajarkan bahasa China. Di lain pihak bahasa Arab juga diajarkan di 44 universitas China.

Sementara di bidang budaya akan diluncurkan Pangeran Mohammed bin Salman Award untuk Kerja Sama Budaya antara Arab Saudi dan China. Penghargaan yang sempat diumumkan Kementerian Kebudayaan Saudi pada 2019 itu dianggap mencerminkan keinginan negara itu untuk meningkatkan hubungan budaya dan ilmiah. 

Selain itu penghargaan juga bertujuan mempromosikan bahasa dan bangsa Arab serta seni kreatif. Selain itu juga mempromosikan saling pengertian dan pertukaran budaya kedua negara.

Sementara itu KTT akan diikuti lebih dari 30 pemimpin dunia dan organisasi internasional.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda