Yahya Hamzah Koshak Sang Insinyur Penjaga Sumur Zamzam Wafat, Ini Sosoknya

Djairan ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 11:23:00 WIB
Yahya Hamzah Koshak Sang Insinyur Penjaga Sumur Zamzam Wafat, Ini Sosoknya
Yahya Hamzah Koshak. (Foto: Arab News)

RIYADH, iNews.id Arab Saudi berduka atas wafatnya Yahya Hamzah Koshak di usia 80 tahun, Selasa (2/3/2021). Koshak dikenal sebagai "Bapak Insinyur" karena jasanya menjaga kebersihan dan kemurnian sumur suci air zamzam, puluhan tahun silam.

Dia adalah mantan direktur jenderal Perusahaan Air Nasional Saudi dan anggota Organisasi Pers dan Publikasi Okaz. Koshak lahir di Makkah. Ayahnya adalah seorang pedagang yang bekerja selama musim umrah, lalu menjabat sebagai ketua Pembentukan Mutawif Jamaah Muslim Turki, Eropa, Amerika, dan Australia.

Ibunya adalah sahabat istri almarhum Raja Faisal, Putri Effat. Koshak belajar di salah satu sekolah pertama di kota Taif setelah didirikan oleh Raja Faisal dan Putri Effat. Dia kemudian menjadi mahasiswa teknik di Universitas Ain Shams di Kairo, dan menyelesaikan gelarnya di Riyadh.

Koshak kemudian melanjutkan pendidikannya di AS, di mana dia memperoleh gelar doktor (PhD) dalam ilmu teknik. Keponakannya, Nabeel Koshak mengatakan, almarhum pamannya sangat disayangi oleh keluarga dan orang-orang Saudi.

“Dia berjiwa sosial, dekat dengan orang, dan selalu baik dan tidak suka menyakiti siapa pun. Dia periang, ini adalah karakteristik yang membedakan kepribadiannya,” ujar Nabeel, dikutip Arab News, Kamis (4/3/2021).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2