Yoshihide Suga, Anak Petani Stroberi Jadi Perdana Menteri Jepang

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 16 September 2020 - 12:54 WIB
Yoshihide Suga, Anak Petani Stroberi Jadi Perdana Menteri Jepang

Yoshihide Suga terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang yang baru menggantikan Shinzo Abe yang mundur karena masalah kesehatan. (foto: The Conversation)

TOKYO, iNews.id - Yoshihide Suga resmi terpilih sebagai Perdana Menteri Jepang yang baru setelah meraih suara mayoritas di parlemen. Inilah puncak karier politik Suga yang merupakan anak petani stroberi.

Dalam pemungutan suara di Parlemen Jepang, Rabu (16/9/2020) waktu setempat, Suga meraih 314 suara dari 426 surat suara sah yang diberikan majelis rendah di parlemen.

Terpilihnya Suga tak terlepas dari kekuatan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa memegang mayoritas anggota dengan mitra koalisinya di parlemen Jepang.

Dua hari sebelum pemungutan suara, Suga telah memenangi pemilihan ketua Partai Demokrasi Liberal (LDP) dengan mengumpulkan 377 dukungan atau sekitar 70 persen dari anggota perlemen dan cabang LDP di seluruh perfektur di Jepang.

Dia mengalahkan dua pesaingnya yakni mantan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida dan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba.

Menjadi perdana menteri penerus Shinzo Abe yang mundur akibat kesehatan, lalu siapakah Yoshihide Suga?

Suga lahir pada 6 Desember 1948 di Prefektur Akita. Berasal dari keluarga petani stroberi, Suga kecil rutin membantu pekerjaan kedua orang tuanya di ladang.

Meskipun dari kampung, Suga tak takut bermimpi besar memperbaiki taraf hidupnya. Atas dorongan itulah Suga memberanikan diri merantau ke Tokyo.

Dikutip dari Kyodo News English, kerja keras Suga membawanya kuliah di Hosei University pada 1969. Semasa menempuh pendidikan tinggi, Suga justru tidak terlalu tertarik dengan aktivisme gerakan kampus.

Bahkan, saat teman-temannya menggelar aksi demonstrasi aliansi Jepang-AS dan Perang Vietnam, Suga memilih bekerja mendapatkan uang untuk membiayai kuliahnya.

Suga mulai tertarik dengan dunia politik beberapa tahun setelah lulus dan bekerja di perusahaan perawatan listrik. Dia kemudian mempelajari seluk beluk perdagangan selama kurang lebih 10 tahun sebelum mencalonkan diri sebagai Dewan Kota Yokohama pada 1987.

Karier politik Suga mulai menanjak pada tahun 1996, saat itu dia berhasil duduk di DPR dan mengenal sosok Shinzo Abe.

Kedekatan dengan Abe membawa Suga menduduki jabatan pertamanya dalam kabinet pemerintahan Jepang yakni sebagai Menteri Dalam Negeri di periode pertama Abe menjabat perdana menteri pada 2006-2007.

Kematangan politik Suga semakin diakui setelah dia berkontribusi besar kembali memenangkan Abe sebagai perdana menteri untuk kedua kalinya pada akhir 2012.

Atas jasanya itu, Suga kemudian diangkat sebagai Sekretaris Kabinet Perdana Menteri pada 2012 sampai sebelum pencalonan dirinya sebagai suksesor Abe.

Sebelum pemilihan di parlemen, Suga mengatakan jika resmi terpilih menjadi perdana menteri Jepang prioritas utamanya adalah mencegah penyebaran infeksi Covid-19 serta memulai pemulihan ekonomi Jepang serta berjanji melakukan program kebijakan Abe.

Profil

Nama: Yoshihide Suga

Tanggal/Tempat Lahir: 6 Desember 1948/Yuzawa, Prefektur Akita

Almamater: Hosei University

Partai Politik: Partai Demokratik Liberal

Karier Politik:

- Anggota DPR Jepang (1996)
- Menteri Dalam Negeri Jepang (2006-2007)
- Kepala Sekretaris Kabinet Perdana Menteri (2012-2020)
- Perdana Menteri Jepang (2020)

Editor : Arif Budiwinarto