Zelensky Sebut Perang di Ukraina Tak Seharusnya Merembet ke Negara Lain

Antara ยท Jumat, 07 Oktober 2022 - 15:58:00 WIB
Zelensky Sebut Perang di Ukraina Tak Seharusnya Merembet ke Negara Lain
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Foto: Reuters)

BRUSSELS, iNews.id – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menilai perang yang terjadi di negaranya seharusnya ditangani di Ukraina, sehingga tidak akan merembet ke negara lainnya. 

Hal itu diungkapkan Zelensky, seperti dikutip seorang pejabat Uni Eropa. Menurut sumber tersebut, Zelensky mengeluarkan peringatan itu saat berbicara pada KTT Komunitas Politik Eropa (EPC) pertama yang berlangsung di ibu kota Republik Ceko, Praha, Kamis (6/10/2022).

KTT itu dihadiri oleh para pemimpin dari 44 negara, yaitu 27 negara anggota Uni Eropa dan 17 negara lainnya di  Eropa—termasuk Turki, Inggris, Serbia, dan Ukraina. Zelensky, yang dapat berbicara dengan para mitranya hanya melalui tautan video, menyebut pertemuan tersebut sebagai ajang untuk memulihkan perdamaian di Eropa.

Presiden Ukraina itu juga mendesak mitra-mitranya di Eropa untuk menjadi pelopor perdamaian, ujar pejabat tersebut kepada para wartawan di Brussels, Belgia.

Dia menggarisbawahi bahwa Ukraina tidak pernah menginginkan perang. Namun, pihaknya kini terpaksa berurusan dengan Rusia, yang menolak perdamaian dan ingin merebut kembali perbatasan Eropa, kata sumber itu.

Menurut Zelensky, Ukraina adalah medan perang pertama. Dia lantas menuding Rusia telah membunuh orang-orang di Eropa, juga melakukan pemerasan lewat harga pangan dan ancaman nuklir untuk memecah persatuan di benua tersebut. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda