12 Rumah di Makasar Jaktim Terdampak Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

muhammad farhan ยท Rabu, 21 September 2022 - 14:10:00 WIB
12 Rumah di Makasar Jaktim Terdampak Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung
Ilustrasi kereta cepat Jakarta-Bandung. 12 rumah terdampak pembangunan kereta cepat di Makasar, Jaktim. (FOTO: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 12 rumah di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur akan dibebaskan terkait proyek kereta cepat Jakarta - Bandung. Proyek tersebut membutuhkan lahan seluas 600 meter persegi yang dimiliki warga.

Camat Makasar, Kamal Alatas mengadakan sosialisasi pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta - Bandung, terhadap warga RW 02, Kelurahan Cipinang Melayu. 

Sosialisasi tersebut digelar guna menjelaskan kepada warga perihal pembebasan bidang tanah warga, sehingga tidak adanya penolakan atas pengerjaan proyek tersebut. 

Menurut, sosialisasi tersebut melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). 

"Saya berpesan ke BPN dan KCIC saat sosialisasi untuk benar pastikan tidak berhimpitan bersama eks pembebasan Tol Becakayu, dengan tujuan mencegah dua kali bayar," tutur Kamal saat dikonfirmasi, Rabu (21/9/2022). 

Kamal juga menyampaikan proses pembebasan tanah itu disesuaikan berdasarkan ketentuan UU 2 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pembebasan tanah bagi kepentingan umum.

"Langkah pertama pihak Kecamatan dan Kelurahan melakukan sosialisasi kepada warga yang terdampak, lalu kami masuk di anggota tim pembebasan, dan pengadaan tanah," tutur Kamal. 

Di sisi lain, Lurah Cipinang Melayu, Arroyantoro, mengatakan, pembebasan lahan tersebut dilakukan guna penambahan pelebaran akses jalan masuk ke stasiun kereta cepat. Dia menjelaskan ketika proses sosial kepada warga rampung, nantinya dilanjut dengan pendataan hingga tinjauan lapangan dan juga proses kaji analisis dampak lingkungan (amdal).

"Saat ini baru tahap sosialisasi ke warga yang tedampak, selanjutnya pendataan di lapangan, dan akan dikaji amdal-nya," kata Arroyantoro. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda