125 Bus Gratis Disiapkan Guna Antisipasi Lonjakan Penumpang KRL di Awal Pekan

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 19 Juli 2020 - 04:06 WIB
125 Bus Gratis Disiapkan Guna Antisipasi Lonjakan Penumpang KRL di Awal Pekan

Bus Transjakarta dikerahkan untuk mengatasi lonjakan penumpang KRL di sejumlah stasiun setiap awal pekan (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan menambah armada bus gratis di lima stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) guna mengurangi kepadatan penumpang di awal pekan mulai Senin (20/5/2020) besok.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana B. Pramesti, mengatakan pihaknya akan menyiapkan 125 bus gratis yang tersebar di sejumlah titik.

Berkaca pada pengalaman pekan sebelumnya, kecenderungan pengguna KRL mengalami lonjakan di awal pekan. Oleh karena itu, setelah berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Polana akan memperbanyak bus gratis di lima stasiun yakni Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Citayam, dan Stasiun Cikarang.

"30 bus sedang dan 50 bus besar akan disiapkan sebagai angkutan alternatif untuk keberangkatan dari Stasiun Bogor dengan tujuan Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Dukuh Atas/Sudirman, dan Stasiun Tebet," kata Polana dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/7/2020).

Sementara, ada tujuh bus yang disediakan di Stasiun Cilebut dan delapan bus sedang disediakan di Stasiun Bojong Gede. Bus-bus dari dua titik keberangkatan itu akan mengantar penumpang ke Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Dukuh Atas/Sudirman, dan Stasiun Tebet.

"Untuk Stasiun Cilebut, titik keberangkatan bus berada di Perumahan Pesona Cilebut sedangkan untuk Stasiun Bojong Gede, bus akan disiapkan di Terminal Angkot Bojong Gede," ujarnya.

Selanjutnya, dari Stasiun Citayam akan disiapkan lima unit bus menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Manggarai dan Stasiun Juanda. Sementara di Stasiun Cikarang disiapkan 15 bus besar yang akan membawa penumpang ke Stasiun Manggarai dan Stasiun Sudirman atau Dukuh Atas.

Bagi warga Bogor yang hendak menuju Stasiun Sudirman/Dukuh Atas dan Stasiun Juanda tersedia 10 bus gratis yang akan berangkat dari depan Botani Square.

Meskipun pemerintah telah menyediakan angkutan alternatif selain KRL, Polana memperkirakan antrean masih akan terjadi di sejumlah stasiun. Sebab, antrean masuk yang mengular karena adanya pengecekan protokol kesehatan pengguna KRL.

"Yang kita usahakan bersama saat ini adalah bagaimana proses antrean dapat berjalan dengan secepatnya," ucapnya.

Editor : Arif Budiwinarto