225 Peserta Tes SKD CPNS di Sulawesi dan Lampung Terbukti Curang

Dominique Hilvy Febriani ยท Rabu, 24 November 2021 - 20:13:00 WIB
225 Peserta Tes SKD CPNS di Sulawesi dan Lampung Terbukti Curang
Ilustrasi CPNS. Sebanyak 225 peserta tes SKD terbukti curang (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Sebanyak 225 peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun 2021 terbukti melakukan kecurangan. Lokasi peserta tes yang melakukan kecurangan di Sulawesi dan Lampung

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama mengungkapkan peserta yang curang diputuskan untuk didiskualifikasi.

“Daftar nama-nama peserta tersebut diumumkan lewat masing-masing Instansi melalui pengumuman hasil SKD, peserta curang diberi tanda DIS (diskualifikasi) di kolom pengumumannya,” tuturnya, Rabu, (24/11/2021) di Jakarta.

Satya juga menyampaikan BKN bersama BSSN masih terus bergerak melakukan audit forensik dan audit trail. “Mengaudit seluruh tilok seperti pemeriksaan perangkat seleksi dan CCTV, termasuk audit terhadap aktivitas peserta selama mengikuti seleksi, mulai dari registrasi, klik mulai ujian, sampai dengan selesai ujian dengan teknologi AI di server CAT BKN,” ujarnya.

Menyangkut hasil temuan kecurangan, Satya mengungkapkan dari total 2 juta peserta seleksi, 225 peserta di antaranya atau sekitar 0,01 persen terbukti curang. Lokasi kecurangan di sembilan titik lokasi SKD yang berada di wilayah Sulawesi dan Lampung.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: