27 Bus AKAP di Terminal Kalideres Tak Lulus Uji Laik Jalan, Ini yang Perlu Dilengkapi

Dimas Choirul ยท Rabu, 20 April 2022 - 16:32:00 WIB
27 Bus AKAP di Terminal Kalideres Tak Lulus Uji Laik Jalan, Ini yang Perlu Dilengkapi
Sebanyak 27 dari 152 bus AKAP di Terminal Kalideres, Jakarta Barat dinyatakan belum laik jalan jelang mudik Lebaran 2022. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 152 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kalideres, Jakarta Barat mengikuti serangkaian uji laik jalan atau ramp check jelang mudik Lebaran 2022. Dari 152 bus yang diuji, terdapat 27 bus dinyatakan belum lulus.

"Berdasarkan ramp check sejauh ini, dari 152 bus, 27 bus dinyatakan belum lulus uji kelaikan," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen di Jakarta, Rabu (20/4/2022)

Revi menyebut puluhan bus yang dinyatakan belum layak itu merupakan bus yang belum memiliki kelengkapan alat penunjang keselamatan atau alat tanggap darurat. Untuk itu, dia meminta pengelola bus melengkapi kendaraannya dengan alat tanggap darurat sebelum kembali diuji lagi.

"Pengelola bus masih harus melengkapi kendaraan dengan palu pemukul kaca dengan jumlah yang sesuai, alat pemadam kebakaran, dongkrak, kotak obat, dan lainnya," tutur evi.

Jika alat-alat tersebut sudah dilengkapi, lanjut Revi, bus-bus tersebut akan kembali diuji oleh petugas hingga bus dapat dinyatakan laik beroperasi.

"Bus yang tidak lulus, apabila sudah melengkapi kekurangannya, maka akan diberi striker lulus uji," ujarnya.

Selanjutnya, Revi memastikan untuk sistem utama bus seperti rem, sistem roda, dan lampu bus-bus tersebut dinyatakan aman dan layak jalan.

Seperti diketahui, inspeksi keselamatan ramp check di Terminal Kalideres dilakukan bersama oleh berbagai instansi yakni Petugas Penguji Kendaraan Bermotor Kedaung Angke Dishub DKI Jakarta, BPTJ Kemenhub, Dishub DKI Jakarta, Sudinhub Jakarta Barat, dan Dishub Terminal Kalideres. 

Uji kelayakan ini telah digelar setiap hari sejak 5 April 2022. Pengujian itu dilakukan petugas sejak pagi hingga sore.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda