Ada Unjuk Rasa Lagi di Depan Kedubes India, Ini Rekayasa Lalu Lintas dari Polisi

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 13 Maret 2020 - 13:22:00 WIB
Ada Unjuk Rasa Lagi di Depan Kedubes India, Ini Rekayasa Lalu Lintas dari Polisi
Aksi solidaritas untuk muslim India oleh umat Islam di Indonesia. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Sejumlah massa dari Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 berencana kembali menggelar aksi di sekitar Kedutaan Besar India, Jalan H Rasuna Said, Jakarta Selatan, hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pun telah menyiapkan rencana untuk mengantisipasi dampak kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi aksi unjuk rasa.

“Kami siapkan rekayasa lalin (lalu lintas),” kata Kepala Subdit Gakum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKPB Fahri Siregar, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Kendati begitu, pengalihan arus lalu lintas tersebut hanya bersifat situasional. Rekayasa lalin baru akan dilakukan apabila kondisi di lapangan memang benar terjadi kemacetan. Pengguna jalan diimbau untuk tetap dapat tertib berlalu lintas. Polisi juga meminta penyampaian pendapat bisa dilakukan dengan tertib oleh para peserta aksi solidaritas untuk muslim India itu.

“Untuk alih arus giat unras (unjuk rasa) solidaritas untuk muslim India di Kedubes India bersifat situasional,” ujarnya.

Berikut rute-rute rekayasa lalu lintas di sekitar Kedubes India yang sudah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

Alternatif 1:

1) Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju Jalan HR Rasuna Said diluruskan ke Jalan Gatot Subroto arah Pancoran atau belok ke kanan Jalan Mampang Prapatan,

2) Arus lalu lintas dari Jalan Mampang Prapatan tepatnya di underpass Mampang yang akan menuju ke Jalan HR Rasuna Said dibelokkan ke kiri ke Jalan Gatot Subroto arah Semanggi,

3) Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Semanggi yang akan menuju Jalan HR Rasuna Said diputarbalikkan di kolong layang Kuningan ke Jalan Gatot Subroto arah Pancoran.

Alternatif 2:

1) Jalan Rasuna Said belok ke kiri Jl Denpasar Selatan-belok kanan ke Jl Denpasar Raya-belok kiri ke Jl Besakih-belok kanan Jl Mega Kuningan Barat 1-belok kanan Jl Klungkung-pengalihan arus keluar mellaui Jl Klungkung kembali ke Rasuna Said.


Editor : Ahmad Islamy Jamil