Anies: 32 Area Khusus di DKI Jakarta Bukan CFD, Tapi Kawasan Bersepeda

Riezky Maulana ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 17:00 WIB
Anies: 32 Area Khusus di DKI Jakarta Bukan CFD, Tapi Kawasan Bersepeda

Suasana car free day di JLNT Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (28/6/2020). (Foto: iNews.id/Irfan Ma`ruf)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan masyarakat tidak ada car free day (CFD) setiap hari minggu. Kawasan khusus yang ada di 32 area merupakan kawasan bersepeda bukan CFD.

Anies mengingatkan warga untuk fokus berolahraga bukan kumpul-kumpul. Dia mengatakan masyarakat membutuhkan area untuk berolahraga.

"Mengenai kegiatan CFD, kita lakukan penyebaran di 32 lokasi dan namanya bukan CFD, tetapi namanya adalah kawasan pesepeda. Kenapa namanya itu? Untuk mendorong para warga bersepeda agar jarak aman bisa tercapai. Masalah utama yang ditutup dari kendaraan bermotor tapi tidak difokuskan utnuk bersepda adalah begitu bnyk org berkerumun, jalan kaki, dalam jarak yang berdekatan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (1/6/2020).

Anies mengatakan kebutuhan masyarkat untuk berkegiatan di akhir pekan sangat tinggi. Dia mengakomodasi keinginan tersebut.

"Jadi satu sisi ada kebutuhan itu, sisi lain kebutuhan keselamatan. Oleh karena itu diputuskan menggunakan 32 area di Jakarta unuk kawasan pesepeda," katanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga mengatakan akan terus melakukan evaluasi kawasan pesepeda tersebut agar penularan Covid-19 tidak makin tinggi.

"Kegiatan unjuk rasa harus dipastikan bahwa harus mengikuri potokol jaga jarak. Karena resikonya besar. Dan nanti akan kita koordinsikan lebih jauh untuk memastikan itu terjamin," ucapnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq