Anies: 50 Tenaga Medis di Jakarta Terpapar Corona, 2 Wafat

Rizki Maulana ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 15:02 WIB
Anies: 50 Tenaga Medis di Jakarta Terpapar Corona, 2 Wafat

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Tenaga medis sebagai garda terdepan menangani virus corona menjadi kelompok yang paling rentan terpapar. Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, Kamis (26/3/2020) mengumumkan sudah ada 50 tenaga medis di ibu kota yang terpapar virus corona.

Jumlah itu tersebar di 24 rumah sakit di seluruh Jakarta yang menangani pasien corona. Dua di antaranya meninggal dunia.

"Tenaga medis bekerja paling berat dan dengan risiko paling besar. Angka itu memaparkan betapa besar risikonya," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta.

Oleh sebab itu Anies mengatakan Pemprov Jakarta berkomitmen memberi perlindungan dan dukungan kepada tenaga medis yang bertugas. Antara lain menyiapkan alat perlindungan diri (APD) dan rapid test deteksi corona.

"Rapid test akan diprioritaskan bagi tenaga medis agar mereka merasa tenang dan jika ada gejala bisa segera tertangani," ucap Anies.

Selain itu Pemprov Jakarta menyiapkan sejumlah hotel yang berada di bawah pengelolaan badan usaha milik daerah (BUMD) sebagai sebagai tempat beristirahat para tenaga medis. Hari ini tenaga medis dari RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu yang memanfaatkan layanan tersebut di Hotel Grand Cempaka.

Anies mengatakan Pemprov sedang menyiapkan dua sampai tiga hotel lainnya sebagai lokasi beristirahat. Dia mengatakan fasilitas itu diberikan karena para tenaga medis tidak mau pulang untuk menghindari keluarganya terpapar corona.

"Tugas mereka amat melelahkan, mereka merasa perlu tak pulang, kalau pulang ada risiko sehingga kami siapkan fasilitas tersebut supaya bisa beristirahat dengan nyaman," ujarnya.


Editor : Rizal Bomantama