Anies Baswedan: 66 Persen Kasus Baru Positif Covid-19 di Jakarta Tak Bergejala

Antara ยท Jumat, 17 Juli 2020 - 06:53:00 WIB
Anies Baswedan: 66 Persen Kasus Baru Positif Covid-19 di Jakarta Tak Bergejala
Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta melalui Gubernur Anies Baswedan memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi mulai hari ini, Jumat (17/7/2020). Perpanjangan dilakukan mengingat masih tingginya angka penularan covid-19 di ibu kota.

Bahkan Anies menyatakan 66 persen pasien positif covid-19 baru di Jakarta tidak memiliki gejala. Hal itu disampaikannya melihat perkembangan data pada sepekan terakhir.

"Dalam sepekan terakhir, 66 persen pasien baru positif covid-19 tidak memiliki gejala sakit atau pun keluhan," ujar Anies melalui rekaman video yang disiarkan Pemprov Jakarta pada Kamis (16/7/2020).

Oleh sebab itu Anies menilai perpanjangan PSBB transisi perlu dilakukan. Dia menegaskan pelonggaran PSBB saat ini justru meningkatkan risiko penularan.

Lebih lanjut Anies berharap masyarakat semangat dalam menjalani kehidupan di masa PSBB transisi. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

"Kita harus tetap semangat karena kita menghadapi virus yang tak pernah lelah. Mari saling menyemangati dan menjaga, kalau ada yang melanggar protokol kesehatan tegur," ucap Anies.

Akibat dari perpanjangan PSBB transisi ini sejumlah tempat hiburan harus menunda pembukaan sampai kondisi membaik. Salah satunya bioskop.

Editor : Rizal Bomantama