Anies Baswedan Beri Nama Julang ke Anak Jerapah di Ragunan

Felldy Utama · Minggu, 12 April 2020 - 23:05:00 WIB
Anies Baswedan Beri Nama Julang ke Anak Jerapah di Ragunan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi makan jerapah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Minggu (12/4/2020). (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (12/4/2020). Kunjungan ini untuk memastikan perawatan hewan tetap berjalan baik meski Jakarta sedang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Mengenakan baju lengan panjang motif kotak-kotak warna biru dan celana jins, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu berkeliling ke kandang satwa. Sesekali dia memberikan makanan.

Ada momen menarik terjadi di kandang jerapah. Anies tak hanya memberikan makan untuk bagi satwa berleher panjang itu, namun juga meninggalkan "sejarah". Anies memberikan nama untuk anak jerapah.

"Berkesempatan juga menuntaskan janji yang sempat tertunda, yaitu memberi nama anak jerapah yang baru lahir 2,5 bulan lalu. Anak jerapah jantan ini saya beri nama Julang, disertai harapan dia akan tumbuh menjulang lebih tinggi dari induknya," kata Anies melalui unggahan di akun Instagram, Minggu (11/4/2020).⁣

Dia menuturkan, inspeksi ke TMR dilakukan untuk memastikan perawatan seluruh satwa dan fasilitas di tempat ini. Anies juga menyempatkan untuk berdiskusi dengan jajaran TMR, termasuk dokter hewan, kurator, sampai petugas keamanan dan kebersihan terus bekerja bergantian memastikan satwa sehat dan fasilitas terawat.⁣

"Ada penjelasan menarik dari mereka. Katanya, satwa-satwa ini terlihat rileks, tenang dan tidak stres. Biasanya, karena banyak pengunjung, sebagian binatang itu merasa gelisah," ucapnya.

Selain ke Ragunan, Anies juga menginspeksi ke Terminal Kampung Rambutan. Ketika itu suasana terminal relatif lengang.

Dia berterima kasih kepada para perantau yang tak memilih mudik. Tetap tinggal di Jakarta, kata Anies, merupakan ikhtiar untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Untuk diketahui, PSBB di Jakarta berlaku pada Jumat (10/4/2020) pukul 00.00 WIB. Kebijakan ini akan berlaku selama 14 hari atau hingga 23 April. Anies berharap kebijakan ini tak perlu diperpanjang dan Jakarta dapat menekan penyebaran virus mematikan tersebut.⁣

Editor : Zen Teguh