Anies Baswedan Salat Subuh di Masjid Nurul Abrar, Netizen: Umara yang Cinta Ulama

Raka Dwi Novianto · Selasa, 23 Maret 2021 - 09:21:00 WIB
Anies Baswedan Salat Subuh di Masjid Nurul Abrar, Netizen: Umara yang Cinta Ulama
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Masjid Nurul Abrar atau dikenal Masjid Mangga Dua, Jakarta, Senin (22/3/2021). (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melaksanakan salat subuh di Masjid Nurul Abrar atau biasa dikenal Masjid Mangga Dua, Senin (22/3/2021). Anies mengungkapkan Masjid Mangga Dua merupakan masjid bersejarah yang ada di Jakarta.

Momen Anies mengunjungi Masjid Mangga Dua itu dibagikan melalui Akun Instagramnya, @aniesbaswedan. Dalam unggahan itu Anies tampak berbincang dengan jamaah yang ada di sana.

"Tadi pagi subuhan sekaligus meninjau Masjid Nurul Abrar atau lebih dikenal sebagai Masjid Mangga Dua. Sebutan Mangga Dua menurut cerita berasal dari dua buah pohon mangga besar di depan masjid ini di masa lampau," kata Anies.

Anies menjelaskan, Masjid Mangga Dua merupakan salah satu masjid bersejarah di Jakarta, dibangun sejak 1841. Masjid itu juga sempat dipugar total pada 1986 namun tetap mempertahankan empat tiang utama (soko guru) dan mimbar aslinya

"Pembangunan masjid ini pun sarat akan sejarah penyebaran agama islam di Nusantara dan kisah kegigihan seorang ulama yang berani menentang penjajah kolonial Belanda kala itu yaitu Sayyid Abubakar bin Alwi Bahsan Jamalullail," ucapnya Anies.

Anies mengungkapkan ada 12 makam yang menjadi bagian Masjid Mangga Dua dan sekitarnya. Hal itu mencerminkan memang Kampung Mangga Dua telah lama ditinggali berbagai suku bangsa yang berbaur di Batavia.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2