Anies Minta Daerah Lain Belajar dari Penanganan Covid-19 di Jabodetabek

Felldy Utama ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 17:43 WIB
Anies Minta Daerah Lain Belajar dari Penanganan Covid-19 di Jabodetabek

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meminta sejumlah daerah belajar dari wilayah Jabodetabek dalam mengendalikan penyebaran pandemi virus corona (Covid-19). Hal itu diungkapkan Anies saat mengisi seminar online bertajuk “Siapkah Indonesia Menuju Normal Life?”, Selasa (19/5/2020), yang didukung Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan portal berita iNews.id.

Menurut dia, Jabodetabek merupakan wilayah pertama di Indonesia yang menghadapi Covid-19. Belakangan kemudian organisasi kesehatan dunia (WHO) menetapkan virus tersebut sebagai pandemi global.

"Jadi saya ingin pada semuanya untuk memanfaatkan apa-apa yang kita kerjakan di Jabodetabek ini sebagai leasson learn," kata Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu menambahkan wilayah Jabodetabek sudah lebih dahulu mempelajari cara penangan di sejumlah negara di dunia yang terdampak Covid-19. Anies berharap apa yang telah dikerjakan di DKI Jakarta dan sekitarnya bisa menjadi rujukan bagi daerah lain.

"Kami berharap apa yang dikerjakan di kawasan Jabodetabek ini bisa menjadi pelajaran," ujar mantan rektor Universitas Paramadina ini.

Untuk diketahui, Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyampaikan Covid-19 ini sudah tersebar di 34 Provinsi dan 390 Kabupaten/Kota di Tanah Air. Dengan jumlah keseluruhan kasus konfirmasi positif 18.496 orang. Sementara, untuk pasien yang sembuh 4.467 dan kasus meninggal dunia 1.221 orang.

Editor : Djibril Muhammad