Anies Perpanjang Lagi PSBB Transisi, Lomba 17 Agustus Dilarang

Riezky Maulana ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 21:07 WIB
Anies Perpanjang Lagi PSBB Transisi, Lomba 17 Agustus Dilarang

Gubernur Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (26/7/2020). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov Jakarta kembali memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi fase I hingga 27 Agustus 2020. Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan pengetatan di ruang publik akan dilakukan terutama terkait perayaan kemerdekaan RI ke-75.

Anies menegaskan perlombaan yang bisa digelar jelang 17 Agustus akan dilarang. Menurutnya hal itu perlu dilakukan karena perlombaan dapat menimbulkan kerumunan warga yang tak terkendali.

"Lomba-lomba yang biasa dilakukan akan ditiadakan karena lomba-lomba ini lah yang menyebabkan kerumunan tanpa terkendali," ucap Anies melalui keterangan tertulis yang dilihat iNews.id pada lama jakarta.go.id, Kamis (13/8/2020).

Anies mengatakan perayaan kemerdekaan bisa dilakukan dalam bentuk lain yang lebih terkendali. Antara lain menghias kampung, rumah maupun kantor.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini juga mengatakan upacara bendera pada 17 Agustus 2020 tetap dibolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Anies mengatakan jarak antara peserta upacara bisa diatur sesuai protokol kesehatan.

"Upacara relatif bisa dikendalikan dengan mengatur jarak antarpeserta hingga tata caranya," katanya.

Anies mengatakan keputusan memperpanjang PSBB transisi merupakan hasil evaluasi penerapan pada masa sebelumnya. Sekaligus sebagai hasil koordinasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog, dan jajaran Forkopimda.

Editor : Rizal Bomantama