Anies Tegaskan Vaksin Akan Jadi Syarat Buka Kegiatan Masyarakat

Komaruddin Bagja Arjawinangun ยท Minggu, 01 Agustus 2021 - 01:36:00 WIB
Anies Tegaskan Vaksin Akan Jadi Syarat Buka Kegiatan Masyarakat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan akan menjadikan vaksin sebagai syarat pembukaan kegiatan masyarakat. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan akan menjadikan vaksin sebagai syarat pembukaan kegiatan masyarakat. Menurutnya pembukaan di satu sektor akan mensyaratkan para pelakunya agar divaksin terlebih dahulu.

Anies mengatakan, dari 4,2 juta orang ber-KTP DKI Jakarta yang sudah divaksin minimal dosis pertama, hanya 2,3 persen yang tetap terinfeksi.

"Angkanya kecil sekali," kata Anies di Jakarta, Sabtu (31/7/2021). 

Sebagian besar dari mereka yang terinfeksi tidak bergejala atau bergejala ringan. Sementara, dari 4,2 juta orang yang sudah divaksin tersebut, hanya 0,013 persen yang meninggal sesudah terpapar covid-19 atau sekitar 13 kasus per 100 ribu penduduk.

Dari data-data tersebut dan melihat jangkauan masyarakat yang sudah tervaksin mencapai 7,5 juta orang, maka Pemprov DKI Jakarta memutuskan vaksin menjadi bagian dari tahapan untuk kegiatan di masyarakat, baik kegiatan ekonomi, keagamaan, sosial, budaya di Jakarta.

“Artinya apa? Sebelum kegiatan dimulai, maka pelaku di sektor itu, pelaku kegiatannya harus vaksin dulu. Pembukaannya akan diatur bertahap dan tahapan itu ada kaitannya dengan vaksin. Jadi, misalnya tukang cukur mau buka, boleh. Tapi tukang cukurnya vaksin dulu, dan yang mau cukur harus sudah vaksin. Warung, restoran mau buka, boleh. Tapi, karyawannya vaksin dulu. Yang mau makan di restoran juga harus sudah vaksin,” ucap Anies.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2