Anies Wajibkan PNS DKI Hadir Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 13 Agustus 2019 - 18:02 WIB
Anies Wajibkan PNS DKI Hadir Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, telah menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera dalam Rangka Peringatan HUT RI ke-74. Ingub itu diteken Anies pada Senin (12/8/2019) kemarin.

Isi ingub itu, pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov DKI diwajibkan untuk melaksanakan Upacara 17 Agustus di Pantai Maju—salah satu pulau hasil reklamasi di kawasan Teluk Jakarta. Kegiatan upacara itu dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (17/8/2019) sekira pukul 07.30 WIB.

“Mengikuti upacara pada Hari Sabtu, 17 Agustus 2019, pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai. Tempat di kawasan Pantai Maju Kota Administrasi Jakarta Utara,” demikian bunyi Ingub DKI Nomor 71 Tahun 2019 seperti dikutip, Selasa (13/8/2019).

Anies meminta pegawai harus sudah siap di tempat upacara pada pukul 07.00 WIB dengan berpakaian seragam Korpri lengkap, celana biru dongker, memakai peci hitam polos (bagi laki-laki) dan sepatu hitam. Sementara, bagi PNS perempuan memakai jilbab warna biru dongker (bagi yang muslim) dan dilarang memakai celana panjang.

BACA JUGA: Pemprov DKI Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi, PDIP: Tak Sakral & Tak Layak

“Apabila sebelum upacara bendera dimulai turun hujan, maka upacara dialihkan ke tempat yang memungkinkan,” tulis Anies.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu menjelaskan, sebagai kontrol disiplin, semua perangkat daerah wajib mengirimkan daftar hadir pegawai yang mengikuti upacara kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DKI Jakarta, Chaidir, paling lambat satu hari setelah upacara.


Editor : Ahmad Islamy Jamil