Antisipasi Musim Hujan, Bima Arya Minta BPBD Deteksi Dini

Putra Ramadhani Astyawan ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 06:17:00 WIB
Antisipasi Musim Hujan, Bima Arya Minta BPBD Deteksi Dini
Wali Kota Bogor, Bima Arya (Foto: Okezone/Putra Ramadhani)

BOGOR, iNews.id - Wali Kota Bogor Bima Arya memastikan kesiapan sistem koordinasi dalam antisipasi musim hujan.  Bima meminta BPBD dan Dinas PUPR untuk rutin melakukan pemetaan agar risiko bencana dapat dikurangi, baik melalui pembangunan fisik maupun peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

"Ada bencana alam akibat manusia, ada bencana karena force majeure (terjadi di luar kemampuan manusia). Force majeure ini kita tidak bisa berbuat banyak, misalnya tiba-tiba gempa dahsyat. Harus ada pemetaan atau mapping di lapangan. Saya tidak mau BPBD ini seperti pemadam kebakaran. Datang, semprot, sudah. Jadi harus ada langkah sistematik," kata Bima, dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Bima meminta seluruh personel, baik BPBD, PUPR hingga camat dan lurah untuk mengantisipasi curah hujan yang ekstrim dalam beberapa waktu ke depan berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Pertama, harus ada kesiapan sistem koordinasi. Jadi begitu ada peningkatan status siaga dari Katulampa, sistem sudah bergerak. Kedua, ada proses evakuasi yang sudah disimulasikan. Ada beberapa titik yang memang langganan banjir, begitu terjadi sudah ada mekanismenya," ujarnya. 

"Lalu saya juga cek kesiapan semua. Saya minta semuanya di pool, juga ditambah logistiknya di Dinsos. Terakhir, adalah mensosialisasikan kepada warga di hari-hari kedepan yang sangat rawan ini agar menghindari dulu berada di titik-titik rawan,"  kata Bima.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2